Rabu, 11 Desember 2019

Kuliner di Banda Aceh yang Murah

Menikmati wisata kuliner di Banda Aceh tentunya akan menjadi hal yang tak terlupkan. Berikut ini kami sajikan informasi mengenai Kuliner di Banda Aceh yang Murah.

Yuk Lirik Kuliner di Banda Aceh yang Murah

credit: pixabay
 
Sie reuboh

Makanan Aceh yang satu ini berupa olahan daging sapi yang direbus beserta bumbu khas Aceh yang legendaris. Rasa dagingnya yang empuk berpadu dengan aroma bumbunya akan semakin menggugah selera makan Anda. Sie Reuboh diolah bersama gapah yang diberi bumbu cabai rawit, cabe kering, cabai merah, garam, dan kunyait. Ketiga jenis cabai tersebut digiling namun sengaja masih dalam keadaan kasar agar dapat lengket di permukaan dagingnya. Setelah air rebusannya matang dan gapahnya kering, daging ini akan dibiarkan dalam belanga selama kurang lebih satu malam. 

Saat esok hari telah tiba, daging kembali dipanaskan sehingga gapah yang membalut daging akan ikut meleleh, setelah itu cuka enau dan air disiramkan dan dibiarkan meresap ke daging hingga kering dan didapat daging yang empuk. Makanan ini dapat bertahan selama berbulan-bulan . sie reubah masih dapat diolah lagi menjadi aneka makanan lain seperti dibuat kuah asam keung, dijadikan rendang, abon, dan dimasak lemak. Anda dapat membelinya dengan harga mulai 30 ribu rupiah per porsinya.
Kuliner ini juga mudah Anda jumpai, salah satunya di rumah Makan Delima Baru yang terletak di jalan lintas Medan-Banda Aceh, Aceh Besar yang buka setiap pukul 10.00 hingga 16.00 

Cocomix Ice Cream desert

Berkumpul bersama orang terdekat tentunya merupakan hal yang sangat menyenangkan. Kuliner di Banda Aceh yang murah ini adalah pilihan yang pas jika Anda berkunjung ke Banda Aceh. Disini dijual es krim yang sangat lezat yang akan sangat disayangkan jika Anda lewatkan. Selain es krim, Anda juga harus mencoba mie terbang yang tak kalah lezatnya. Tekstur mie yang kenyal berpadu dengan bumbu yang kuat akan membuat lidah Anda ingin terus untuk  mencicipinya. 

Canai Mamak Kuala Lumpur

Tempat makan yang satu ini menyediakan aneka kuliner malaysia. Diantaranya Anda dapat menikmati roti canai yang sangat lezat saat disajikan bersama kuah kari ayam ataupun kari daging yang kental. Anda dapat mencoba canai dengan beberapa varian yaitu boom keju, kosong kari, coklat, srikaya, telor bawang kari, dan juga varian lainnya. Selain roti terdapat juga menu nasi diantaranya nasi lemak, nasi goreng, dan juga aneka olahan mie. Anda juga dapat menikmati aneka minuman seperti juice tomat, teh tarik, es millo tarik, dan lainnya dengan harga yang bersahabat yaitu sekitar 10 ribu hingga 35 ribu rupiah. Restoran ini dapat Anda jumpai di jalan Teuku Umar, no. 51 Setui, Banda Aceh.

Sate Matang dek Wan

Makanan ini disajikan dengan kuah kaldu yang sangat memanjakan lidah. Tidak seperti umumnya, sate khas yang satu ini  dihidangkan bersama nasi hangat. Dalam Kuah pelengkap terdapat daging dan juga tulang yang semakin melengkapi kelezatan sate matang. 

Mie Ayah

Tempat ini terletak di jalan Wendana, Lhong Raya, Banda Raya, Kota Banda Aceh, 23231. Tempat ini sudah ada sejak 25 tahun silam dan masih eksis sampai sekarang. Berbagai menu dapat Anda coba disini seperti kepiting dan juga martabak yang diberi bumbu rahasia yang diolah secara turun temurun. Tempat makan yang satu ini belum memiliki cabang dan masih murni dikelola oleh pemiliknya sendiri. Pada bagian depan tempat ini, Anda akan menjumpai kepiting hidup dan es batu yang berada pada sebuah kotak alumunium. 

Selanjutntya Anda juga Akan menjumpai tempat penggorengan yang sudah biasa digunakan untuk mengolah martabak aceh. Anda dapat memilih kepiting sendiri.  Setelah itu Anda akan menikmati mie Ayah yang disajikan bersama daging kepiting dan juga potongan daun bawang. Sensai gurih pedas dan juga perpaduan daging kepiting yang sedikit manis semakin melengkapi kelezatan kuahnya. Anda dapat membayar senilai 60 ribu rupiah untuk dapat menikmati hidangan yang satu ini. Masih tergolong dalam harga standar untuk makanan dengan cita rasa yang lezat.

Itulah beberapa informasi mengenai kuliner murah di Banda Aceh yang dapat Anda coba. Dapatkan informasi lainnya di https://www.cekaja.com/info/rekomendasi-wisata-kuliner-di-banda-aceh-dengan-harga-murah-mangat-taht/, semoga bermanfaat.


1 komentar:

  1. Banyak kuliner yang saya suku di Aceh, terutama kue tradisional. Yang paling penting salah satunya ya sanger; kopi susu khas Atjeh.

    Salam silaturrahim, Mbak.

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)