Sabtu, 07 Desember 2019

Waspadai! Gejala Kanker Payudara Bukan Hanya Benjolan!

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang jika ditemukan keberadaannya di dalam tubuh, akan menjadi penyakit yang sangat berbahaya. Pasalnya, sel-sel kanker yang berawal dari bagian payudara ini sangat mungkin untuk menyebar hingga ke organ-organ lainnya. Jika sudah demikian, maka harapan hidup bagi sang penderita sangatlah kecil. Oleh sebab itu pula, wajib bagi kita waspada terhadap tanda-tanda terjadinya kanker payudara.




Selama ini mungkin kita mengira bahwa kanker payudara hanya ditandai dengan adanya benjolan. Akan tetapi, kenyataannya kanker payudara ini bisa saja ditandai dengan gejala lainnya. Tentu hal ini menunjukkan bahwa, benjolan bukan merupakan satu-satunya tanda bagi seseorang mengalami gejala kanker payudara, dan bisa saja ada banyak gejala lainnya yang berkaitan dengan pertumbuhan kanker payudara. Untuk lebih jelasnya, berikut kami sajikan beberapa gejala kanker payudara yang ditandai bukan hanya dengan benjolan, simak ulasannya di bawah ini!

1.    Nyeri Payudara Atau Puting

Kanker payudara juga ditandai oleh timbulnya rasa nyeri pada bagian payudara atau puting. Rasa nyeri ini timbul seiring dengan adanya perubahan bentuk pada payudara. Maka, jangan sepelekan, jika tanda-tanda ini sudah mulai terasa, segera periksa apakah disertai dengan tanda-tanda lainnya.

2.    Masuknya Puting Susu

Pada sebagian penderita kanker, membaliknya puting susu juga menjadi tanda-tanda adanya sel kanker. Walau sebenarnya, masuknya puting susu ini bisa saja terjadi pada wanita normal saat haid, akan tetapi jika masuknya puting ini disertai dengan perubahan ukuran payudara maka terdapat indikasi akan terjadinya kanker payudara.

3.    Timbul Kemerahan Di Sekitar Payudara

Jika payudara sudah mengalami pembengkakan, maka kulit pada permukaan payudara tersebut menjadi sangat mungkin tampak memar dan berubah warna,seperti merah, biru, hingga keunguan.

4.    Pembengkakan

Kanker payudara pasti akan membuat permukaan payudara tampak membengkak. Memang tidak terdapat benjolan disana, akan tetapi pembengkakan payudara ini yang menjadikan adanya perbedaan ukuran payudara dan terasa kencangnya kulit di bagian payudara.

5.    Perubahan Pada Tekstur Kulit

Setelah mengalami pembengkakan maka permukaan payudara juga akan mengalami peradangan dan penebalan kulit. Hal ini menyebabkan payudara mengalami perubahan tekstur kulit, seperti terasa bersisik di sekitar puting dan areola, bahkan hingga terasa panas seperti terbakar.

6.    Keluarnya Cairan Dari Puting Susu

Keluarnya cairan dari puting susu juga menjadi salah satu ciri terjadinya kanker payudara. Tentunya warna cairan yang keluar dari puting ini bukanlah cairan ASI. Warna cairan yang keluar dari bagian puting yang sudah terkena sel kanker adalah kuning, hijau atau merah. Jika ciri-ciri tersebut sudah anda temui segeralah konsultasikan dengan dokter untuk memastikan hal tersebut.

7.    Perubahan Pada Kelenjar Getah Bening

Kelenjar getah bening merupakan sekumpulan jaringan yang berfungsi untuk menghalangi dan menyaring adanya sel-sel atau cairan berbahaya yang mengandung virus atau bakteri dalam tubuh. Kelenjar getah bening ini juga menjadi salah satu bentuk pertahanan dalam tubuh dari beberapa penyakit berbahaya seperti kanker.

Kelenjar getah bening terletak di daerah ketiak, sehingga ketika sudah didapat sel kanker di bagian payudara menyebar, maka tempat pertama penyebarannya adalah kelenjar getah bening di bagian ketiak tersebut, dan mengakibatkan pembengkakan. 

Walaupun demikian, pembengkakan kelenjar getah bening di wilayah ketiak juga bisa saja diakibatkan oleh adanya penyakit lain, sehingga untuk memastikannya anda dapat mengkonsultasikan dengan dokter.

Nah, yang sudah diulas merupakan gejala kanker payudara bukan hanya benjolan semata. Segera lakukan pemeriksaan dini dan konsultasi secara klinis untuk menghindari keterlambatan pemeriksaan. Untuk informasi lainnya terkait kanker payudara, anda dapat membacanya di  https://www.cekaja.com/info/yuk-kepoin-penyebab-gejala-dan-cara-mendeteksi-kanker-payudara/, dan silahkan isi kolom komentar bagi anda yang ingin bertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)