Jumat, 04 Januari 2019

Review Macam-Macam Tipe Gendongan

Jaman sekarang yaa, apa aja ada teorinya. Tidak terkecuali soal cara menggendong anak. Jaman orangtua kita, mana ada sih. Gendong ya gendong aja. Model gendongannyapun ya itu-itu aja. Paling populer tentu saja kain panjang alias jarik itu.

Sekarang?

Wuih, model gendongan banyak bangetttt! Ada hipseat, carrier, wrap, geos, sling, dll. Apalagi merk gendongan, jauuhh lebih banyak lagi. Yang harganya sampai jutaan pun ada.

Berbagai model gendongan itu kemudian diiringi dengan menyebarnya ilmu menggendong baru yang membuat beberapa orang terperangah. Karna cara menggendong yang katanya paling sesuai dengan teori kesehatan ternyata beda jauh dengan yang selama ini hampir semua orang tua kita praktekkan dulu. Bahkan, cara menggendong seperti itu justru dikecam oleh mereka selama ini.

Yup, jangan salah, menggendong ternyata juga ada ilmunya. Sesuatu yang gak pernah sekalipun terlintas di benak saya sebelum menikah dulu.

Sebagai mamak milenial, jelas dong saya merasa harus belajar tentang ilmu menggendong. Jadi, menurut teori, menggendong yang benar itu kaki anak harus berposisi M-Shape. Biar jelas, lihat gambar di bawah ini aja ya:



Nah, dari teori M-Shape itu, maka berlomba-lombalah para produsen gendongan untuk menciptakan gendongan-gendongan dengan embel-embel M-Shape. Padahal, sebenernya sih pake kain jarik panjang itu aja juga bisa bangettt gendong dengan posisi M-Shape. Kalau mau belajar lebih detail soal menggendong, silakan kepoin tentang komunitas Indonesia Babywears yang udah terkenal banget.

Tapi lagi-lagi, karna mamak impulsif, ya terpancinglah untuk membeli beberapa model gendongan. Sebenarnya, fokus utama saya saat membeli gendongan justru bukan tentang M-Shape atau enggak sih -- karna sejujurnya, saya kurang punya nyali untuk menggendong Faza (sebelum usia setahun) dengan posisi seperti itu. Takut disambit mbah-mbahnya 😂

Fokus utama saya adalah pada gendongan yang ngasih iming-iming gak bikin capek! *mamak lemah* 😅

Nah, langsung aja yaa review macam-macam tipe gendongan yang dulu saya beli. Semoga bermanfaat untuk yang lagi galau milih tipe gendongan 😊

1. Gendongan Tipe Jarik

Ini saya gak beli sih. Melainkan sudah dipersiapkan oleh Mbahnya Faza tentu saja. Bagi orang kampung saya, hukumnya seolah wajib punya gendongan jarik 😂

Jujur ya, saya paling gak bisa pake gendongan jarik ini. Baik pakai cara konvensional seperti yang selama ini dipraktekkan sesepuh-sesepuhku, maupun pakai cara seperti yang diajarkan para emak-emak Indonesia Babywear.

Entah ya, mlorot-mlorot gak jelas gitu. Yang paling bikin grogi, kalau pergi-pergi sama bocah dengan gendongan ini, terus sempet nglepas gendongannya, grogi bangetttt pas mau pakai ulang. Apalagi kalau gak ada yang bantuin.

Seingat saya, keberhasilan saya makai gendongan jarik ini tanpa bantuan dari orang lain, angkanya gak lebih dari jumlah jari sebelah tangan.😂

Kelebihan gendongan tiper jarik:

Bisa sekalian buat selimut untuk anak, terutama kalau pas bepergian. Bisa M-Shape

Kekurangan gendongan tiper jarik:

Ribet, ofkors.

2. Gendongan Tipe Ring Sling

Ini gendongan yang paling sering saya pakai untuk menggendong Faza. Karena paling simpel, dan saya bisa makai sendiri tanpa bantuan. Itupun setelah usia Faza 6 bulanan. Sebelumnya tetep aja butuh bantuan. Betapa dodolnya hamba 😂

Cumaaa, kalo gendongnya dalam jangka waktu lumayan lama, misa pas jalan-jalan di mall gitu, dijamin, pundak kayak mau patah. Dan yang bikin gak enak banget, cuma pundak sebelah. Apalagi kalo nempatin ring-nya gak pas, wuih, bikin sakit banget itu.

Kelebihan gendongan tipe ring sling:

Simpel. Gampang makainya.

Kekurangan gendongan tipe ring sling:

Beban hanya tertumpu pada satu pundak, dan ringnya sering bikin sakit.

3. Gendongan Tipe Wrap (Hanaro Baby Wrap)

Hanaroo Baby Wrap ini merupakan gendongan impian saya, sejak sebelum nikah 😂

Jadi ceritanya, suatu hari saya melihat foto teman kuliah saya yang udah lebih dulu nikah dan punya anak di medsos. Di foto itu, dia lagi gendong anaknya pakai baby wrap. Saya langsung searching dengan keyword "gendongan kaos yang seperti kangguru" 😁 Mana tau saya saat itu kalau namanya ternyata wrap.

Sejak saat itu saya bertekad, besok kalau punya anak, saya harus punya gendongan tipe wrap. Kayaknya nyaman banget gitu.

Pucuk dicinta, ulam pun tiba. Saya dibeliin ibu mertua saya 😍

Tapi baru berani makainya saat Faza sudah usia 7 bulanan kalau gak salah. Karna kalau dipakai sesuai aturan, para sesepuh pada mencak-mencak. Huft.

nyari foto saya gak nemu, akhirnya pasang foto paksu aja deh 😂

Beneran enak sih gendong pakai gendongan tipe wrap ini. Nyaman dan gak terlalu capek karna bebannya dibagi di tiga titik, yaitu dua pundak dan pinggang. Cuma kalau gendongnya lama ya tetep aja capek sih 😅

Cuma, ribetnya gak nahaaan. Harus diubet-ubet gitu kan. Dan kalau pas ngubet-ubetnya gak pas juga akan gak nyaman seterusnya selama gendong.

Tapi sekarang udah ada gendongan tipe wrap yang instan yaa. Ntar deh kalo anak kedua, Insya Allah 😊
Kelebihan gendongan tipe wrap:

Beban dibagi di tiga titik, jadi gak capek. Bisa M-Shape.

Kekurangan gendongan tipe wrap:

Ribet banget pakainya. Dan bikin bentuk badan bagian belakang terekspos banget.

4. Gendongan Tipe Geos/Gendongan Kaos (My Baby Pouch)

Ini gendongan terakhir yang saya beli di era Faza. Laper mata dan impulsif, gara-gara beberapa teman posting foto dan mention akunnya My Baby Pouch. Langsung deh, kepo berujung khilaf 😂

Lagi-lagi saya kepincut karna kesan 'mudah' yang ditawarkan. Ini kan mirip ring sling ya, cuma dari kaos. Jadi bayangan saya akan nyaman sekali, karna gak ada ring yang akan bikin sakit.

Ternyata memang enak sih. Jauh lebih nyaman untuk pundah. Tapi ya lagi-lagi, bebannya hanya tertumpu pada pundak sebelah. Dan karna Faza gendut, jadi agak sesak gitu sih rasanya.

Itu Fazanya lagi tidur. Tuu kan saya gak berani M-Shape makainya 😅

Gendongan Tipe geos ini merupakan gendongan kedua yang paling sering saya pakai setelah ring sling.

Kelebihan gendongan tipe geos:

Simpel. Gampang makainya.

Kekurangan gendongan tipe geos:

Beban hanya tertumpu pada satu pundak, dan ringnya sering bikin sakit. Bisa sekalian buat selimut.

Sebenernya, saya ngebet satu tipe gendongan lagi. Yaitu tipe Carrier. Tapi gak dibolehin sama pak suami dengan beberapa alasan. Pertama, saya jarang banget gendong Faza, karna lebih milih stroller. Kedua, saat itu Faza udah hampir jalan. Jadi menurut beliau gak perlu deh beli gendongan lagi karna pasti akan jarang terpakai.

Yasudah sebagai istri sholihah tentu saja saya nurut 😂

Tapi tetep menyimpan impian untuk beli carrier kalau anak kedua nanti sih. Hehehe.

Kesimpulan saya soal berbagai tipe gendongan yang saya beli adalah: gak ada gendongan yang bener-bener gak bikin capek. Mau semahal apa, sebagus apa, kalau gendongnya dua jam ya tetep aja bakal capek lah. Apalagi kalau anaknya montok kayak Faza 😂

Kalau kalian paling suka gendongan tipe apa buibuuu??

2 komentar:

  1. Untung anak lanang dah gede, jd g perlu gendong2 lg. Dulu pas bayi, anak lanang lebih milih untuk digendong ayahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi, iya kalp gedhe enak yaa, suruh jalan sendiri aja. hehe

      Hapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)