Senin, 17 Desember 2018

#CeritaFaza: Faza 22 Bulan, Menjelang Berakhirnya Periode Emas



Faza sudah 22 bulan. Artinya, periode emas 1000 hari pertamanya akan segera berakhir. Huhu, kok sedih yaa.

Sedih karna mungkin periode super berharga itu banyaaakkkk sekali saya sia-siakan. Banyak stimulus yang harusnya saya kasih, tapi saya lewatkan begitu saja. Banyak gizi yang harusnya Faza dapat, tapi gak saya usahakan dengan maksimal. Belum lagi kuantitas ASI yang harusnya ia dapat, jauh lebih sedikit dari yang seharusnya.

Tapi yasudahlah. Yang jelas, saya sudah berusaha. Meski usaha saya tentu saja belum maksimal. Semoga apa yang didapat Faza di 1000 hari pertamanya, cukup mumpuni sebagai bekalnya tumbuh di ribuan hari berikutnya. Aamiin.

22 bulan, Faza udah bisa apa aja?

Baca juga: Faza 18 bulan

Banyak tentu saja, Alhamdulillah.

Jalan udah bisa sejak umur 15 bulan, dan sekarang makin lancar. Meski setelah sekian lama mengamati cara jalan Faza yang agak 'beda', akhirnya kami tau ternyata Faza flat feet 😭 Saya udah curiga sejak lama, tapi selama saya selalu berusaha denial.

Sedih sih. Tapi saya yakin, sedikit kekurangan fisik Faza ini gak akan berdampak banyak untuk masa depannya, dan semoga tertutupi dengan kelebihan-kelebihan Faza yang lain. Aamiin.

Kemampuan komunikasi Faza juga makin bagus. Meski kemampuan merangkai kalimatnya mentok baru 3 kata, itupun masih jarang. Kosakata sih udah banyak.

Diajak komunikasi dua arah juga udah bisa banget. Yang paling bikin saya seneng, Faza berani jawab ketika diajak ngobrol sama orang asing.

Pernah suatu hari saat sedang di apotik nunggu ayahnya beli sesuatu, tiba-tiba ada seorang laki-laki menyapa.

Pak X: "Namanya siapa?"

Faza: "Adja" (Faza)

Pak X: "Sudah sekolah belum?"

Faza: "Elum..."

Pak X: "Pinternya... gendhong yuk..."

Faza: "Angan... Elhad!" (Jangan, berat) 😂😂

Saya ketawa-ketiwi di sebelahnya, sekaligus senang. Tau gak, ini salah satu goals saya loh. Saya pengen Faza supel dan berani ngomong. Gak kayak saya yang dulu tiap diajak ngomong sama orang asing, langsung mendadak gagu -___-

Perkembangan emosi juga Alhamdulillah terus berkembang. Sudah bisa nungkapin keinginan tanpa menangis, meski dengan kosakata yang masih terbatas. Sudah bisa ngambek kayak ABG 😂 Dan... sudah bisa mengalihkan perhatian kalo ayah-ibu lagi ngomelin dia 😅

Faza udah bisa berhitung dari 1-10 tanpa dibantu. Meskipun tiap ditanya ini berapa, itu berapa, jawabannya pasti selalu DUA. Sama seperti warna. Semua-mua dia sebut HIJO alias hijau. Kalo diajarin huruf hijaiyah, sukanya nerusin. Misal saya bilang ALIF, dia bukannya niruin bilang ALIF, eh malah langsung bilang BA' dengan semangat 45. Zzzzz.

Persiapan Menyapih

Menyapih akan jadi goals terdekat saya. Ini sih masih tahap sounding terus-menerus. Tapi yagitudehhh, belum keliatan dampaknya, karna tiap lihat muka saya dia pasti langsung inget nenen.
Kalau saya bilang, "Faza sudah besar. Sebentar lagi sudah enggak perlu nenen", dia sih dengan meyakinkan bilang, "iyah". Tapi kalo mau bobok ya tetep aja ngamuk kalo gak dikasih.

Tapi sudah mulai disiplin. Nenen hanya kalau di kamar. Ini strategi awal menyapih yang saya susun. Pengennya ini udah masuk fase berikutnya, yaitu hanya saat di kamar, dan hanya saat malam. Tapi kalo weekend masih belum bisa. Mau tidur siang, masih minta 😑

Yang jelas, saya pengen banget Faza berhenti nenen tanpa tipuan apapun. Saya gak pengen bohongin dia dengan cara oles-oles puting pakai lipstik, atau apapun.

Satu lagi, saya gak pengen dia berhenti nenen, tapi beralih ke dot. Ya sami mawon. Nyapih dot jauh lebih susah setau saya. Saat ini kalau di rumah sih emang gak pernah pakai dot sama sekali ya. Minum susu pakai gelas, udah lancar. Sambil setengah tidur pun tetep mau duduk dan minum pakai gelas.

Cuma budhe yang momong belum disiplin soal ini. Kalau mau tidur siang, masih dikasih dot sama beliaunya 😕

PR Besarnya: Faza masih sering banget sembelit. Saya bingung harus gimana. Tapi saya lagi males cerita soal ini, karna bakal panjang banget 😣

Ohya, satu lagi. Saya dan mas suami sudah sempat rasan-rasan tentang rencana anak kedua. hihi. Tapiii, kok Faza kayak belum ada suka-sukanya sama sekali kalau lihat bayi ya. Dia malah kayak males gitu. Huhu. Yaudah deh, nunggu beberapa bulan lagi, Insya Allah 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)