Senin, 22 Oktober 2018

#MelawanMitos: Tentang Mitos (Jahat) yang Dipercaya



Minggu kemarin, saya mendapat kabar bahagia yang kemudia disusul dengan kabar menyedihkan.

Kabar bahagianya, sahabat dekat saya sejak SMP Alhamdulillah telah melahirkan seorang bayi laki-laki yang sehat dengan selamat. Proses melahirkannya sempat membuat saya iri karna terbilang sangat lancar dan cepat. Dia juga dengan enteng bilang, "ternyata melahirkan gak sesakit yang saya bayangkan".

Huaaa, iri sekali, jika mengingat proses melahirkan saya dulu yang Masyaa Allah, susah dijelaskan dengan kata-kata. Lebih iri lagi ketika dia bilang, ASI-nya sudah keluar. Gak perlu nunggu 10 hari seperti saya dulu.

Tapi sepulangnyadari rumah sakit, dia mengabarkan lagi sebuah berita pada saya melalui WA. Kabar yang bikin saya seketika bikin hati saya perih.

"Aku gak diijinin ngasih ASI ke dedek", begitu katanya.

Seketika saya ingat hari-hari pertama saya menjadi ibu, yang penuh dengan air mata saking inginnya saya memberi ASI untuk Faza. Tapi apa kuasa saya saat itu? Nyatanya ASI saya memang belum keluar sama sekali hingga 10 hari ke depan. Yang saya bisa hanya berusaha berusaha berusaha.

Sedangkan teman saya ini? ASI-nya sudah keluar, tapi TIDAK DIIJINKAN memberikan ASI itu pada anaknya. Bayangkan betapa sedihnya.

Gimana bisa sih ngasih ASI ke anak sendiri kok gak diijinin?

Oh, tentu saja bisa. Kalian mau tau apa sebabnya?

Karna MITOS lah. Apalagi!

Mitos yang jahat sekali kan?

Jadi, di daerah saya ada sebuah mitos yang dipercaya banyak orang, bahwa jika seorang perempuan bentuk putingnya (seperti) terbelah di tengah gitu, maka saat perempuan tersebut punya anak, ia gak boleh memberikan ASI untuk anaknya. Karna ASI-nya dipercaya tidak bagus. Jika memaksa diberikan, maka si anak akan 'kenapa-napa'.

Pernah ada kejadian (masih di daerah saya). Seorang ibu 3 anak yang juga punya puting terbelah, memberi 3 anaknya sufor. Karna saat anak pertamanya lahir, dan dia memberikan ASI-nya pada anaknya yang pertama, gak lama kemudian (entah karna sebab apa), anaknya meninggal.

Maka, makin KUAT dan DIPERCAYALAH mitos itu.

Padahal, mitos itu terjadi ya karna dipercaya!

Yang muslim pasti pernah dengar tentang hadist 'Allah sesuai persangkaan hamba-Nya'. Ya termasuk dalam hal mitos ini. Kita percaya jika melakukan A, sesuatu yang buruk akan terjadi. Yaudah sama Allah dikabulkanlah persangkaan kita tersebut.

Aku bersama sangkaan hambaku padaku, jika sangkaannya baik maka baiklah baginya, dan jika sangkaannya buruk maka buruklah baginya (HR Ahmad)

Ada yang nyebut itu dengan hukum LoA. Law of Attraction. Bahwa apapun yang kita pikirkan dan kita yakini, maka secara gak langsung akan otomatis 'menarik' hal itu untuk terjadi dalam hidup kita. Lebih jelasnya, baca artikel ini aja deh.

Termasuk soal mitos ini. Apalagi kalo yang percaya sama mitos itu adalah orangtua kita -- yang mana dikasih kelebihan sama Allah ucapan dan doanya itu makbul. Ya gimana engga serem kalo yang dipercaya mitos-mitos jahat macam yang di atas 😭

Orangtua saya sendiri termasuk yang masih percaya banyak mitos, termasuk mitos yang berhubungan dengan perbayian. Dulu saat hamil saya banyak dikasih wejangan tentang jangan ini, jangan itu, nanti begini, nanti begitu, yang tentu saja semuanya mitos.

Lalu apakah saya menaatinya? Tidak.

Lalu apakah saya terkena dampak karna saya membangkang? Mari saya ceritakan.

Salah satu yang ibu saya pesankan pada saya sejak saya dinyatakan hamil adalah: JANGAN MAKAN CUMI. NANTI ANAK SAYA KAKINYA LEMAH, ATAU BISA JADI LUMPUH/GAK BISA JALAN.

😭😭😭

Dimana letak masuk akalnya sodara-sodara? Padahal cumi kan enak bangettt, bergizi pula ya kan. Gimana bisa dilarang makan selama 9 bulan hamil. Dengan alasan gak masuk akal pula. Kecuali kalo saya alergi seafood.

Tapi saya IYA-kan saja atas perintah paksu. Yang penting ibu tenang, kata beliau. Tapi nyatanya, kalo saya lagi di Semarang (ibu saya di Jepara), ya saya tetep makan cumi kalo lagi pengen. Yang jelas ibu saya gak tau kalo saya makan cumi.

Waktu Faza usia 8 bulan dan kakinya belum terlalu kuat menjejak ketika diberdirikan, ibu saya langsung panas-dingin. Beliau mengintrogasi saya: kamu makan cumi ya dulu waktu hamil?!

Akhirnya saya ngaku. Tapi plus penjelasan, bahwa itu semua gak ada hubungannya. Saya mengingatkan ibu untuk ayolah jangan percaya. Doakan saja Faza gakpapa. Alhamdulillah tsumma Alhamdulillah, ternyata Faza kurang stimulus aja. Alhamdulillah dia bisa jalan sesuai usianya.

Dan mbahnya tentu saja bilang, "Alhamdulillah, mbahbuk lega akhirnya Faza bisa jalan. Mbahbuk deg-degan soalnya ibumu waktu hamil makan cumi" 😂

Begitulah. Mitos-mitos yang gak masuk akan seringkali membuat kita ragu-ragu atau takut melakukan sesuatu yang sebenernya sangat bermanfaat. Padahal semakin dipercaya dan terus didengungkan, mitos-mitos itu akan semakin kejadian.

Sedangkan jarang banget ada edukasi untuk meluruskan soal mitos ini. Akhirnya, yasudah terus mengakar dan mendarahdaging dalam kepercayaan.

Saya pengen banget deh bikin gerakan #melawanmitos dengan cara menulis mitos-mitos yang pernah kita langgar dan Alhamdulillah kita gak kena dampak buruk dari hal itu, di blog atau instagram. Biar makin banyak yang berani untuk #melawanmitos.

Biar semakin banyak orang yang tau bahwa percaya pada mitos hanya akan membuat kita sibuk sama prasangka buruk yang akhirnya justru bikin hal buruk itu benar-benar terjadi. 

Adakah teman-teman yang bersedia membantu saya?

12 komentar:

  1. Boleh jg nih, soalnya mitos bnyk gk masuk akal. Klo sempet pgn deh nulis di blog

    BalasHapus
  2. waktu hamil Faraz kemarin saya juga makan cumi koq Mbak, Alhamdulillah Faraz kuat jalannya, walau emang agak telat sih, tapi perkembangan lain berjalan cepat.
    kan emang gitu yaa, klo motoriknya yg duluan, psikomotorik yg lambat atau sebaliknya kan yaaa..
    duuuhh kenapa itu MITOSnya seperti itu sih tentang ASI, laaah ASI kan itu anugerah banget dari Allah, gak ternilai harganya..
    orang2 di kampung Mbak kayaknya harus diedukasi soal ASI ini deh Mbak..
    hikkss sediiih bacanya :(

    BalasHapus
  3. mitos di sini lagi yg baru aku temuin kemarin
    ada bayi yg baru lahir, tidur terus, dan hanya bangun di jam2 terntu, kata org, mungkin saat ibunya hamil, sering makan bothok kepiting mbak :'(

    BalasHapus
  4. Aku baru tahu mitos ini, mbak... Tempatku juga ada, pas aku hamil sh ibuku biasaw aja,tetangga saudara yang rewel malah, aku sih penting iya ajah gitu...

    Oh ya, suamiku malah sempat tuh percaya mitos gegara diceritain temennya. Aku kan lahiran SC yah,hla pas SMA aku pakai gelang kaki, lah katanya SC gegara pakai gelang kaki... Pdhal karena panggulku sempit... Aku kecil bgt..hehe

    Bdw, postingannya bisa jadi collab nih #melawanmitos

    BalasHapus
  5. Mitos itu kerap gak dimasuk nalar, bikin saya bengong karena tak paham. Logikanya ditaruh di mana? Kesal banget karena saya juga dulu dilarang ini-itu. Disuruh makan di piring kercil dan ambil makanannya dikit-dikit. Alasannya apa? Gaje aja! Bagi saya makan di pisin itu ajaib, jadi bandel saja makan di piring biasa karena tak ingin ribet. saya tak pedulian karena sudah kapok berurusan dengan hal takhayul, apalagi mitos itu apakah berbau takhayul juga?
    Belum lagi pakai sawen di kutang, ya, sudah yang itu saya ngalah agar para orang tua tak ribut. Yang penting saya percaya pada allah.
    salam kenal, Mak. Mari #MelawanMitos juga. Saya dukung.

    BalasHapus
  6. Karena akublm ngrasain hamil, jadi gak sering dengar mitos2nya. Dulu sih pas Mbakku habis lahiran gak boleh makan ini itu. Makan sama tahu, sayur bening, gitu aja. Padahal kan Busui butuh gizi juga

    BalasHapus
  7. Mitos banyak banget.. nanti lahiran kdua pasti sesar lagi dan yaa diketawain aja �� aku nggak mau percaya. Mdh2an nnti anak kdua bisa lahiran normal ya saa :*

    BalasHapus
  8. Aku udah pernah nulis mitos juga. Selama nggak nyelakain kalo aku ya lakuin aja biar ortu tenang �� tapi kalo udah mengarah ke musyrik atau yang bahayain bayi kayak pake bedak tabur aku tegas banget. Kalopun mau iya2 di depan aja. Di belakang ga kulakuin wkwk

    BalasHapus
  9. Aku jg pernah jd korban mitos setelah melahirkan. Katanya, org abis melahirkan itu nggak boleh tidur siang. Gara2 mitos itu, beberapa hari kemudian setelah melahirkan, aku pun tepar alias jatuh sakit. Hiks.
    Skrg, aku lebih milah milih, nggak langsung ngiyain aja sm mitos2 yg dianut sama para orang tua.

    BalasHapus
  10. Aduh yg begini bikin greget. Saya juga gak setuju sih dengan mitos-mitos yang tidak masuk akal. Waktu anak pertama saya meninggal juga, langsung saya disalahkan dikaitkan dengan mitos. Yg ada saya lg sedih dibikin sakit hati pula. Saya ikutan mba kalau ada gerakan #melawanMitos hehe

    BalasHapus
  11. Iya sih banyak masyarakat kita yg masih percaya banget ama mitos..jadi ya kayak gni deh..harus sekuat tenaga sepenuh hati melawan mitosnya

    BalasHapus
  12. Tepok jidat dan geleng-geleng kepala kalau sudah berurusan denganmitos-mitos yang diciptakan orang-orang tua terdahulu. Teman saya malah ada di desanya mitos supaya mudah melahirkan minum ari-ari kucing yang dikeringkan, dan memang dia minum. Hiyyy padahal nggak kebayang bakterinya >,<

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)