Senin, 01 Oktober 2018

Ibu Bekerja Tanpa ART, Gimana Caranya Agar Tidak Stress?



Saya pernah ditanya oleh seseorang. Jadi ibu bekerja dan tanpa ART di rumah, gimana caranya agar tidak stress? Gimana biar gak kepikiran kerjaan kantor saat di rumah dan kepikiran rumah saat di kantor? Gimana membagi waktunya untuk istirahat dan mengerjakan pekerjaan rumah?

Dan lain-lain, dan lain sebagainya. Macam wawancara saja.

Segala pertanyaan di atas juga pernah berputar-putar di kepala saya, terutama sebelum menikah. Masih mengurus diri sendiri saja saya merasa keteteran banget, sampai di kantor sering telat, lha gimana nanti saat sudah menikah dan punya anak ya?

Tapi nyatanya bisa kok 😍 Learning by doing.

Saya pernah sih merasa capeeekkk banget. Stress banget lah pokoknya menjalani peran sebagai ibu bekerja tanpa ART di rumah. Kok kayaknya kerjaan gak ada selasainya ya. Gak ada jeda sama sekali. Pulang kerja pengen leyeh-leyeh, harus nemenin Faza main. Setelah Faza tidur mau ikut tidur, ehh lihat setrikaan numpuk 😭

Tapi itu duluuu. Saat saya belum tau kunci agar tidak stress menjadi ibu bekerja tanpa ART.

Sekarang setelah saya tau kuncinya, Alhamdulillah perlahan-lahan hidup saya mulai tertata. Kerjaan kantor beres, kerjaan rumah stabil, kualitas istirahat oke. Kan katanya kalo ibu bahagia, suami dan anak juga pasti ikutan bahagia kan? 😊

Nah, di tulisan kali ini saya ingin berbagi tentang 3 kunci agar tidak stress menjalani peran sebagai ibu bekerja tanpa ART. Siapa tau di luar sana ada ibu bekerja tanpa ART yang sedang bingung harus gimana menata hidup, kayak saya dulu.

  • Bangun teamwork yang Oke dengan pasangan
Ini KUNCI UTAMA banget ya. Suami yang memutuskan untuk mengijinkan istrinya jadi ibu bekerja, dan memutuskan untuk sepakat gak pakai jasa ART, ya konsekuensinya harus siap bantu kerjaan rumah tangga

Lebih tepatnya bukan bantu sih. Kalau bantu kesannya kerjaan rumah tangga adalah kewajiban istri ya? Padahal sebenarnya ya kewajiban bersama kan 😊 

Intinya, jika kamu adalah seorang ibu bekerja tanpa ART di rumah, dan kamu ingin gak stress, maka tinggalkan jauh-jauh stigma 'kerjaan rumah tangga adalah kewajiban istri'. Bangun kerjasama dengan suami. Minta bantuan kalo emang gak sanggup ngerjain semuanya sendiri.

Saya dan suami Alhamdulillah sudah beres urusan ini. Udah gak pernah lagi ada eyel-eyelan soal 'aku ngerjain ini-kamu ngerjain itu'. Seperti sudah otomatis, siapa yang sempat ya sudah langsung aja dikerjakan.

  • Rendahkan ekspektasi dan Sub-kontraktor
Dulu saya sering stress gara-gara melihat tumpukan baju bersih yang belum dilipat atau disetrika. Kok rasanya gak pernah habis ya padahal saya sudah nyetrika setiap malam? 😭

Dll.

Maka, mari rendahkan ekspektasi kita jika kita adalah ibu bekerja tanpa ART di rumah yang gak pengen stress.

Lihat baju belum disetrika menggunung, tapi kok ngantuk. Yasudah tidur saja dulu. Nanti bangun dini hari, baru deh nyetrika. Atau, jangan lupakan tetangga yang bersedia menawarkan jasanya untuk menyetrikakan baju.

Pengennya sih masak tiap hari untuk suami dan anak. Tapi kok capeekkk banget yaaa 😭  Ya sudah sesekali beli lauk jadi pun gak langsung bikin gizi buruk laaah.

Pokoknya, beri pemakluman pada diri sendiri. Gak perlu dikit-dikit merasa bersalah. Berusaha tetap melakukan tugas kita sebaik-baiknya, tapi jangan terlalu keras pada diri sendiri 😊

  • Lakukan hal-hal yang menjadi hobi kita
Sesekali, luangkan waktu untuk melakukan hal-hal di luar rutinitas kita, yang sekaligus menjadi hobi kita. Jadi ibu bekerja bukan berarti sudah gak waktunya lagi melakukan hobi lho. Melakukan hobi bisa menjadi saran merefresh pikiran dari segala rutinitas.

Misal kita suka baca buku. Ya meski cuma 15 menit sebelum tidur, baca buku kesukaan dulu. Atau merajut. Tiap weekend saat anak tidur siang, bisa banget tuh diisi dengan merajut. Sesuaikan saja dengan apa hobi dan kesukaan kita.

Sejak menerapkan 3 point di atas dalam hidup saya, Alhamdulillah saya sudah hampir gak pernah lagi stress menjadi ibu bekerja tanpa ART. Ya kalo jenuh tetep ada sih kadang. Manusiawi. Tapi penyebabnya bukan lagi tentang peran saya sebagai ibu bekerja yang gak punya ART di rumah.

Jika kamu ibu bekerja tanpa ART juga, dan punya cara lain agar tidak stress, share di kolom komentar yaa 😊

2 komentar:

  1. Aku selalu salut sama ibu bekerja di luar rumah yang masih punya tenaga saat pulang untuk memperhatikan anak-anak. Kalau aku rasanya gak sanggup. Mungkin salah satu kuncinya tubuh harus fit juga, gak gapang letoi, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, kalo letoy mah udahlah, pasti bubarrrr segala urusan

      Hapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)