Rabu, 01 Agustus 2018

Tentang Keputusan Nambah Anak

Beberapa kali pulang kampung, saya selalu dikejutkan dengan kabar kehamilan kedua dan ketiga beberapa tetangga. Yang terakhir, saya dikejutkan oleh kehamilan kedua tetangga saya yang usianya masih muda sekali. Jauh lah sama saya. Padahal anak pertamanya juga gak selisih jauh dengan Faza.


Kenapa harus kaget? Toh dia hamil ada suaminya! Gitu kata kakak saya yang merupakan si pembawa berita. Wkwk.

Yaiya juga sih. Tapi, pikiran saya kan gak sekedar tentang itu. Hamil (bagi saya) gak sesederhana itu.

Gini. Saya kaget karna... kok mereka berani banget ya ambil keputusan nambah anak. Kok kayaknya enteng banget gitu. Tanpa beban. Kira-kira apa pertimbangan mereka saat memutuskan untuk nambah anak, dan akhirnya bikin mereka mantap. dll dll.

Pertanyaan-pertanyaan itu lho yang seketika datang saat denger kabar kehamilan mereka-mereka itu.

Jujur aja saya kadang udah pengen nambah anak lagi. Tapi masih takut. Dan merasa sama sekali belum siap dari berbagai faktor. Ekonomi, manajemen waktu, manajemen emosi, dll.

Terus kadang saya mikir. Mereka itu kalo punya anak apakah pernah pusing juga mikirin milestone-nya anak, mikir tekstur MP-ASI anak, biaya masuk SD anak nanti, dll gitu gak sih? Lalu pernah diskusi panjang kali lebar tentang macem-macem teori parenting gitu gak sih?

Kata kakak saya sih, ya jelas enggak lah!

Lalu saya mellow. Sedih aja bayangin anak-anak (yang seharusnya) bisa jadi generasi gemilang itu harus tumbuh dengan kurang maksimal, karna orangtuanya gak bener-bener tau gimana peran dan tanggung jawabnya dalam mendidik anak.

Baca juga: Belajar Parenting, Belajar Mendidik Diri Sendiri

Bukannya saya sok gimana ya kalo mikir gitu 😟 Saya kepikiran gitu karna melihat fakta tentang kesadaran soal pendidikan yang masih cukup memprihatinkan di daerah saya, dan gak menunjukkan perbaikan yang signifikan sejak bertahun-tahun berlalu.

Tapi saya buru-buru istighfar.

Kalo dipikir-pikir, orangtua saya juga bukan tipe orangtua yang mikirin macem-macem secara detail saat berencana punya anak. Buktinya, Alhamdulillah saya dan kakak saya bisa melangkah sejauh ini (meski gak jauh-jauh banget juga sih 😂).

Cuma sebelah hati saya bilang, tapi saya gak pengen lah anak saya 'hanya' akan seperti saya. Saya pengen dia jadi generasi yang jauh lebih baik dari saya. Makanya saya berusaha membuat perencanaan yang lebih baik soal anak.

Intinya, kadang mikir terlalu detail juga bikin mumet ya. Bikin gak berani melangkah. Dan yang paling sedih, sering bikin lupa bahwa selalu ada pertolongan Allah jika kita selalu bergantung pada-Nya.

Orang-orang dengan pola pikir sederhana seperti para tetangga saya itu, mungkin lebih tentram ya hatinya. Hamil ya hamil aja. Karna mereka yakin anak kan bawa rejekinya masing-masing. Allah pasti bantu.

Yatapi, kita kan juga wajib ikhtiar sebaik mungkin ya. Gak cuma pasrah.

Cuma, saya kadang mikir. Bapak-ibu saya mungkin juga gak pernah bayangin akan mampu menguliahkan 3 anaknya suatu saat, karna pada masa itu buat makan pun kadang nge-pas banget. Tapi toh nyatanya mereka mampu kan? Alhamdulillah. Dari mana? Pertolongan Allah. Tapi di balik itu, bapak-ibu saya jungkir balik ikhtiarnya.

Kok lama-lama tulisan ini makin gak jelas ya 😂 Jadi semacam perdebatan antara setan dan malaikat di sinetron-sinetron gitu.

Jadi gimana harusnya? Hamil ya hamil aja, atau harus benar-benar direncanakan dan dipikirkan secara matang?

Kalian gimana?

2 komentar:

  1. Mungkin tetangganya kesundulan kayak aku ya? Haha. Kalo kesundulan ya mau gimana lagi, itu udah terjadi. Udah kun fayakun dr Allah hehe. Cuma kalo memang jaraknya jauh, ya bisa jadi juga sih ga direncanakan atau malah ya hamil santai aja.

    Aku pribadi setelah anak kedua ini jadi ngerencanain banget mau punya anak ketiga, dst kapan. Krn ya belajar dr pengalaman haha. Intinya sih ingin mempersiapkan diri aja. Suoaya ke depannya lebih siap gitu :)

    BalasHapus
  2. Sama.. aku juga kesundulan, jadi karena dah dipercayakan walopun datengnya tiba tiba bgt dg jarak yg super duper deket, mw gimn lg....insyaalloh tetep slalu dijaga, n kelak smoga dilancarkan rejekinya saat membesarkan dn mendidikny

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)