Senin, 27 Agustus 2018

Nifas Tak Kunjung Selesai


Salah satu kegalauan saya setelah melahirkan dulu, adalah masa nifas saya yang tak kunjung selesai. Bodohnya, saya gak sesegera mungkin mendatangi tenaga medis untuk mencari solusi. Saya hanya terus menenangkan diri -- kalo istilah orang jawa 'ngayem-ngayemi' diri sendiri dengan berkata dalam hati, "Ah, gakpapa. Besok juga berhenti sendiri".

Menjelang 40 hari, darah nifas saya udah tinggal dikit-dikit keluarnya. Saya udah seneng. Yess bentar lagi nifasnya selesai! Apalagi mas suami *eh

Eh ternyata, sampai 40 hari bahkan lebih, darahnya masih terus keluar. Meski hanya berupa flek, seperti saat hari-hari terakhir menstruasi. Saya masih tenang, karna dari hasil googling, memang ada orang yang nifas hingga 60 hari.

Saya mulai galau dan harap-harap cemas, ketika mendekati 60 hari, flek masih tak kunjung berhenti. Bahkan ketika sudah lebih dari 60 hari pun saya masih terus flek.

Karna sudah lebih dari 60 hari, maka saya mulai sholat, dengan cara membersihkan setiap hendak sholat. Karna hukumnya udah berubah jadi darah istikhadhoh (darah penyakit) kan.

Galau saya jelas makin menjadi-jadi. Saya parno mikir yang enggak-enggak. Mas suami menenangkan. Lalu mengajak saya untuk priksa ke dokter kandungan saja. Biar gak hanya berspekulasi terus-terusan.😭

Akhirnya saya datang ke tempat praktek seorang dokter kandungan perempuan, yang letaknya gak jauh dari rumah saya. Namanya dokter Kartika, Sp.Og. Setelah menjelaskan keluhan beserta riwayat singkat persalinan saya,  dokter Kartika memeriksa saya dengan alat USG.

Lalu beliau menjelaskan, sembari menunjuk layar USG, bahwasanya masih ada sisa jaringan plasenta di rahim saya. Dan itu memang menyebabkan pendarahan tidak kunjung berhenti.

Jelas saya langsung parno. Saya tanya, apakah itu bahaya, dan bagaimana cara mengatasinya.

"Ini saya kasih obat dulu. Kalau darahnya berhenti, Alhamdulillah, berarti masalah selesai. Kalau ternyata tetap gak berhenti berarti harus dikuret," kata dokter Kartika.

Huaaaa, rasanya pengen nangis saat itu juga. Sudah ngeri membayangkan akan dikuret 😭 Tapi mas suami terus menenangkan.

Singkat cerita, Alhamdulillah setelah 3 hari minum obat, darahnya berhenti. Leganya tak terkira! Setelah obat habis, saya kembali kontrol ke dokter Kartika untuk memastikan lagi. Setelah di USG, dokter Kartika bilang bahwa sisa jaringan plasentanya sudah bersih. Jadi gak perlu dikuret. Alhamdulillah 😭

Apakah setelah itu masalah selesai? Ternyata belum 😭

Selang seminggu, saya flek lagi. Duh, jangan ditanya saya kalutnya kayak apa. Tanpa pikir panjang, saya ke dokter kandungan lagi. Tapi kali ini saya gak ke dokter Kartika lagi, melainkan ke dokter Retno di RSIA Kusuma Pradja -- tempat saya priksa rutin selama hamil.

Baca juga: Catatan Kehamilan

Saya menceritakan semua kronologi kasus saya secara detil, sejak persalinan, hingga diagnosa sisa jaringan plasenta yang katanya sempat tertinggal, dll.

Lagi-lagi, saya di USG. Dokter Retno bilang, rahim saya udah bersih dan kembali ke ukuran normal. Lalu memberikan diagnosa lain, yaitu gangguan hormon. Hadehh, apalagi itu, pikir saya 😂

Kata beliau, hal seperti ini memang terjadi pada beberapa ibu pasca melahirkan. Beliau lalu memberi saya obat untuk menstabilkan hormon. Katanya, setelah minum obat ini, darah biasanya akan berhenti, tapi selang seminggu saya akan menstruasi. Setelah itu, Insya Allah siklus saya akan kembali normal.

Ternyata benar, setelah minum obat dari dokter Retno, fleknya berhenti. Lalu selang seminggu saya menstruasi. Tapiii... bulan berikutnya saya gak menstruasi. Stress lagi. Haha. Saya coba testpack, hasilnya negatif. Ternyata hingga 10 bulan ke depan saya gak juga mens. Dan Alhamdulillahnya bukan karna ada yang salah, tapi karna saya masih menyusui.

Huuftt, panjang yaa ceritanya. Tujuan saya cerita ini, biar jika ada teman-teman yang mengalami kasus serupa, gak panik dan parnoan dulu seperti saya. Secepatnya datang ke tenaga medis aja 😊

Menurut situs alodokter.com ada beberapa penyebab jika darah nifas tak kunjung berhenti, antara lain:
  • efek penggunaan KB
  • Infeksi pada rahim
  • sisa plasenta yang tertinggal dalam rahim
  • kontraksi rahim yang tidak adekuat
  • gangguan hormonal
Sekian cerita masa lalu saya 😆 Semoga ada manfaat yang bisa diambil bagi siapapun yang membaca. Aamiin 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)