Selasa, 12 April 2016

Hal-Hal Yang Terjadi Pada Tubuh Saya Menjelang Pernikahan

Hari-hari menjelang pernikahan kata banyak orang merupakan hari-hari yang amat rawan stress. Ya wajar sih, karna menjelang pernikahan pasti banyak banget yang harus diurus dan dipikir. Gak cuma memikirkan tentang printilan yang berkaitan sama terselenggaranya acara, tapi juga kepikiran nanti gimana setelah nikah, bisa jadi istri yang baik gak, bisa adaptasi di keluarga baru gak, dll. Iya, kan?!

Saya sebenarnya gak merasa bahwa saya stress sih. Biasa aja, santai. Emm, ya kadang kepikiran sih iya. Kadang mewek sendiri inget bentar lagi harus jadi istri yang nurut sama apa kata suami juga iya. Haha. Tapi, apa tanda bahwa saya sedang stress? Saya sih merasa enggak.

Konon, saat sedang stress, tubuh kita akan memperlihatkan beberapa respon. Dan beberapa ciri yang terjadi pada tubuh, yang disinyalir sebagai tanda-tanda stress ternyata saya rasakan. Hal-hal berikut inilah yang terjadi pada tubuh saya menjelang pernikahan:

Jerawatan
Dari awal masa puber (menstruasi pertama) sampai SMA, bisa dibilang saya jaraaaang banget jerawatan. Malah pernah pengen punya jerawat satu dua seperti teman-teman remaja saya yang lain. Bahkan, suatu hari saat muncul satu jerawat kecil di muka saya, dengan bangga saya memamerkannya. Hihi.

Setelah dewasa (yakin udah dewasa? :D), baru deh nyesel pernah punya keinginan seperti itu. Sekarang sih kalau muncul jerawat rasanya nyesek. Tapi saya masih cenderung jarang berjerawat. paling jerawatan kalau pas menjelang menstruasi, itu pun paling satu. Tapi beda dengan sebulan terakhir ini :( Jerawan saya amit-amit, banyak banget. Hiks. Cuma di dahi sih, dan kalau pakai jilba gak terlalu kelihatan. Tapi ya tetep aja sediiiih.

Apalagi, tiap ketemu orang pasti yang dikomentarin pertama kali selalu jerawat. "Lho, tumben jerawat kamu banyak?", "Kok jerawatmu banyak", dan di akhir kalimat pasti dibubuhi, "Waaahh, pasti gara-gara stress mau nikah nih!". Plis plis, pura-pura gak lihat jerawat saya bisa gak? :(

Selain berkomentar, orang-orang juga memberi saya tips untuk mengatasi jerawat tersebut, atau kadang saya yang minta tips terlebih dahulu. Dan akhirnya saya kebingungan sendiri tips mana yang harus saya coba lebih dulu. Haha. Pake jeruk nipis sudah, timun sudah, obat jerawat ina inu sudah, tapi belum ada yang menunjukkan hasil yang menggembirakan. Tapi saya sadar diri sih, usaha yang saya lakukan belum maksimal. Saya masih kurang istiqomah menjalani tips-tips yang saya dapatkan. Padahal kan gak bisa ya dicoba sekali langsung CLINK berhasil. Emangnya sulap! -_-

Menstruasi Yang Kacau
Selama ini, Alhamdulillah saya dianugerahi Allah siklus menstruasi yang teratur. Saya hampir selalu bisa menghitung kapan saya akan kedatangan tamu dengan tepat. Yah, meleset sehari-dua hari sih kadang. Pokoknya masa suci saya seringnya adalah 21 hari.

Nahh, bulan ini, kalau menurut perhitungan saya, saya bakal dapet mens tanggal 16. Eeeeh, lha kok kemarin tanggal 10 si tamu tiba-tiba sudah muncul, dan bikin saya kaget. Maju 6 hari!
 
Dan gak cuma itu yang bikin saya merasa aneh pada tubuh saya sendiri. Biasanya saya menstruasi selalu lancar. Hari pertama sampai ke-tiga bahkan seringnya banjir. Tapi kali ini enggak :( Yang bikin saya sempat resah banget adalah, saya kedatangan tamu sore, cuma berupa flek coklat. Magrib keluar darah dikit. Tapi setelah itu, hingga pagi gak ada darah yang keluar lagi. Saya kan jadi panik, ada apaaa ini?! Saya sempet browsing -- lupa pakai kata kunci apa -- dan kalian tau hasilnya apa? itu tanda-tanda kehamilan!! Weehh, kalau hamil itu bisa lewat bluetooth sih mungkin saya bakal khawatir banget jangan-jangan saya beneran hamil :D

Lalu saya coba tanya lewat chatt ke seorang teman yang dokter, bidan dan perawat. Haha, biar mantep. Dan ketiganya bilang, gak papa, santai aja, itu mungkin efek kelelahan dan stress menjelang pernikahan! Alhamdulillah.

Berat Badan Bertambah
Saya gak tau sih ini salah satu tanda stress atau bukan. Yang jelas ini terjadi pada tubuh saya menjelang pernikahan. Berat badan saya yang biasanya alot banget kalau disuruh nambah, kali ini malah nambah beberapa kilogram. Parahnya lagi, kebaya resepsi yang dipesankan kakak perempuan saya dan baru jadi minggu lalu ternyata sesak saat saya coba! Huhu. Padahal dulu pas ngukur pertama kali gak ngepas banget gitu :(

Tapi Alhamdulillah masih bisa dipaksa masuk sih. Hehe.

Memang hari-hari menuju pernikahan adalah saat yang penuh dengan warna-warni, ya. Gak cuma yang bisa bikin senyum-senyum, tapi banyak juga yang bikin hati mendung. Kalau gak pinter-pinter me-manage emosi ya gini akhirnya, stress! Hal-hal yang terjadi pada tubuh saya menjelang pernikahan ini, membuat saya sadar bahwa saya harus semakin banyak istrighfar biar lebih tenang :)

5 komentar:

  1. Hihihihihi.... karena terlalu deg-degan, tak sabar menanti masa depan tiba, tubuh bereaksi sedemikian rupa, ya. Aku pernah mengalaminya juga. Tak banyak, tapi jerawat, mens dan nafsu makan membuatku mengalami ketiganya. hahahahaha

    BalasHapus
  2. Kok bener smua yak, hihihi
    Jerewi jerewi cantik pada g kira kira padahal kita mah pengen pas dimake up mulus licin hikhik

    BalasHapus
  3. Dulu aku juga, pulang kampung pas h-1 ealah sama tetangga dibilang kok sekarang gemukan??? Aaaaaaak

    BalasHapus
  4. Wah, kapan nih hari-H nya, Mbak Rosa?
    Selamat, ya... Semoga sakinah mawaddah warahmah. Bahagia dunia-akhirat. :)

    BalasHapus
  5. Mungkin karena terlalu deg-degan mbak, mau nikah sih kan jadi serba kepikiran haha

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)