Minggu, 20 Maret 2016

Mau Memberi Souvenir Apa Saat Resepsi Pernikahan? 5 Hal Ini Bisa Membantu Menentukan Pilihan


Souvenir merupakan salah satu item yang gak boleh dilupakan saat menyelenggarakan sebuah hajatan, salah satunya pernikahan. Semakin meningkatnya kreativitas masyarakat, maka semakin banyak pula pilihan souvenir pernikahan. Pilihan yang diberikan oleh para vendor semakin beragam.

Semakin beragamnya pilihan, tentu membawa dampak plus dan minus tersendiri. Plusnya, kita jadi punya lebih banyak pilihan yang bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita. Minusnya, tentu saja lumayan bikin galau saat menentukan pilihan. Iya, kan? Hehe.

Meskipun kelihatan sepele, memilih souvenir pernikahan bisa juga jadi sumber konflik, lho, kalau gak disikapi secara bijak. Kita pengennya apa, calon suami punya ide apa, belum lagi pihak orang tua juga punya keinginan yang berbeda. Nah, agar bisa menentukan pilihan tentang mau memberi souvenir apa di acara resepsi pernikahanmu untuk para tamu, alangkah baiknya kita tau point-point yang bisa dijadikan pertimbangan.

Lalu, pertimbangan apa saja sih yang bisa kita pakai saat hendak memilih souvenir pernikahan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Asas Manfaat

Souvenir pernikahan, meskipun hanya salah satu bagian kecil dalam acara resepsi pernikahan, tetap saja membutuhkan alokasi dana, kan? Alangkah sayangnya jika kita mengalokasikan dana untuk sesuatu yang pada akhirnya tidak memberikan manfaat apa-apa pada para tamu yang menerima souvenir dari kita.

Agar souvenir pernikahan tidak mubadzir, alangkah baiknya jika kita memilih sesuatu yang sekiranya akan bermanfaat bagi tamu yang menerima. Jadi, sepulangnya dari acara resepsi pernikahan, souvenir tersebut gak cuma akan tergeletak tanpa manfaat. Apa saja sih contoh souvenir yang bermanfaat? Banyak. Ada pisau, tempat tissue, dll.

2. Cari Sebanyak Mungkin Referensi

Sebelum memutuskan pilihan akan memberikan souvenir apa di resepsi pernikahan kita, ada baiknya sebelumnya kita mencari sebanyak mungkin referensi. Datangi toko-toko atau vendor penyedia souvenir pernikahan, ataupun online shop yang melayani pemesanan souvenir pernikahana yang saat ini menjamur jumlahnya.

Cari info sebanyak mungkin tentang barang apa saja yang mereka tawarkan sebagai souvenir pernikahan, dan jangan lupa tanya harganya. Dengan memiliki banyak referensi, kita akan memiliki lebih banyak pilihan dan bisa mempertimbangkan sesuai keinginan kita.

3. Unik dan Berkesan

Semua orang pasti menginginkan hari pernikahannya menjadi berkesan. Berkesan bagi kita sendiri, maupun orang-orang yang turut menyaksikan. Maka, memilih souvenir yang unik dan berkesan untuk mencapainya.

Pilihlah souvenir yang sekiranya belum banyak dipilih oleh orang lain, minimal teman-teman selingkunganmu. Jika teman-temanmu sebelumnya sudah ada yang memberikan gelas sebagai souvenir, maka sebaiknya jangan lagi memilih gelas sebagai souvenir pernikahanmu.

4. Sesuaikan dengan Tema Pernikahanmu

Jika kita mengusung tema tertentu dalam perhelatan pernikahan kita, alangkah baiknya menyesuaikan souvenir pernikahan kita dengan tema tersebut. Jika pernikahan kita bertema Islamic Wedding misalnya, alangkah kurang pas jika kita memilih magnet hiasan dengan bentuk pengantin Jawa sebagai souvenir. Hehe. Tentu saja akan lebih tepat jika kita memilih tasbih atau buku doa dzikir pagi dan petang sebagai souvenir.

5. Sesuaikan dengan Budget

Ini rasanya yang paling krusial. Sebesar apapun keinginan kita untuk memberikan souvenir yang terbaik dalam acara resepsi pernikahan kita, kita tap harus bijak. Kita tentu harus sadar bahwa kebutuhan dalam penyelenggaraan acara ini sangat banyak, dan semuanya membutuhkan budget yang tidak sedikit.

Maka, jangan lupa untuk menyesuaikan pilihan souvenir pernikahan dengan budget yang sudah kita siapkan. Jangan sampai budget kita tiba-tiba membengkak hanya karna lalai mengkalkulasi dana untuk pemilihan souvenir ini.

Yup, lima point di atas rasanya sudah sangat cukup untuk kita jadikan dasar dalam menentukan pilihan souvenir pernikahan kita. Setelah menentukan pilihan, saatnya kita menghela nafas sembari berdoa, semoga para tamu menerima souvenir pernikahan kita dengan sukacita, meskipun sederhana.

8 komentar:

  1. Wah bermanfaat nih mbak tips nya terima kasih sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, ya.. terima kasih telah bersedia membaca :)

      Hapus
  2. Wah bermanfaat sekali nih mbak terima kasih sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  3. keren postingannya., buat yang mau nikah memng kepala sudah pusing. kadang mau memikirkan souvenir jadi bingung pillih yang mana.thanks for sharingnya ya mba

    BalasHapus
  4. gue salah nih masuk kesini, jadi pengin buru" nikah kan. Eh tapi si anu udah mau belum ya :( Tapi nice artikel nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahihihi, jangan galau, nabung aja dulu buat pesen souvenir :D

      Hapus
  5. Barakallah mb Rosa
    Terima kasih sdh mempercayakab souvnya kpd kami Souvenirjogja.com
    Smg samawa..

    BalasHapus

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)