Senin, 06 Februari 2023

Ahsan, 0-6 Bulan

 Setiap anak punya cerita.

Gak peduli mau anak ke berapapun, ternyata tetap aja hampir setiap jengkal hal tentang masing-masing anak adalah hal baru.

Begitulah yang aku rasakan ketika mengurus Ahsan. Meski tentunya, mengurus anak kedua saya sudah lebih siap dan gak blank banget. Seenggaknya, saya sudah punya gambaran tentang gimana struggle-nya satu sampai dua minggu pertama menyusui, sudah lebih ngeh membaca berbagai macam arti tangisan bayi (dulu tiap Faza nangis aku nawarinnya neneeeenn terus, padahal nangis itu gak selalu artinya minta nenen, hehe).

Tapi ya tetap aja balik lagi, banyaaakkk sekali kejutan dan cerita tentang mengasuh Ahsan di 6 bulan pertama kehidupannya.

Ahsan

 

Selalu Begadang di 2 Bulan Pertama

Dulu tantangannya Faza adalah mengalami pengalaman baru sebagai ibu yang serba pertama, dan serba masih belajar. Alhamdulillahnya, aku dapat sekali banyak bantuan, terutama di 2 bulan pertama, karena aku melahirkan di rumah orangtuaku. Sempat begadang, itupun kalo gak salah hanya sebulanan pertama, dan gak tiap hari Faza ngajak begadang.

Sedangkan Ahsan, hampir setiap hari selama 2 bulan, ngajakin begadang 😭 Engga rewel sih seringnya (pernah juga rewel), tapi tetep aja ngebiarin anak bayik melek sendirian itu tetep ga akan bisa bikin kita tidur nyenyak kan?

Dulu Faza pagi-sore tidurnya bentar-bentar banget. Maunya neneeeen terus, sampai saya gak bisa ngapa-ngapain sama sekali. Nah, ahsan ini siangnya tiduuuurrr terus (meski tetep nenen 2 jam sekali). Malam, melek :(

Dia bisa tidur hampir selalu di atas jam 1 malam. Ini yang bikin saya beberapa kali sempat limbung baik secara fisik, maupun secara psikologis.

Mas Suami bantuin sih, kadang dia yang jagain, akunya tidur. Tapi ya tetep aja kalo cari nenen yang yang dicari ibunya kan?

Masuk RS di Usia 5 Bulan

Dulu saat Faza usia 5 bulan, saya masuk rumah sakit. Eh sekarang saat Ahsan usia 5 bulan, Ahsannya yang masuk RS. Sedih banget ya ternyata lihat anak harus dirawat di Rumah Sakit tuh. Lihat anak sakit di rumah juga sedih, tapi sampai harus dirawat tuh sakitnya another level :(

Lihat Ahsan harus ditusuk berkali-kali saat memasang infus dan saat infusnya lepas tuh... ah, gak bisa dijelasin rasanya.

Ahsan dirawat karena didiagnosa Bronco Pneumonia. Awalnya dia kami ajak ke Losari, Cirebon -- rumah kerabat. Sepulang dari sana, paginya tiba-tiba dia batuk, dan batuknya gak biasa. Seperti ada banyak sekali lendir di dadanya. Dua hari di rumah, kondisinya makin bikin gak tega. Nafasnya cepat sekali dan terlihat sesak. Disuruh nenen susah banget, karena saat nenen dia kesulitan nafas, dan ada restraksi dada (ada cekungan antara dada dan perut saat bernafas).

Alhamdulillah setelah 4 hari, Ahsan diijinkan pulang, meski kondisinya belum 100% baik.

Sampai hari ini, Ahsan masih sering grok-grok, seperti ada lendir di dada dan tenggorokannya. Jujur bikin saya lumayan worry :(

Lulus ASI Eksklusif Tanpa Drama

 

Setelah dulu gagal memberikan ASi eksklusif untuk Faza, Alhamdulillah di anak kedua saya diberi kemudahan untuk memberi ASi eksklusif. Saya gak pernah berani membayangkan punya stok ASI se-freezer penuh, tapi qodarullah Allah ijinkan saya mampu untuk itu :')

Tumbuh Kembang Ahsan

BB Ahsan di usia 6 bulan 8,6 Kg. termasuk ideal. Semoga seperti itu terus. Aamiin.

Ahsan baru lancar tengkurep bolak balik usia 5 bulan, sedangkan tengkurep pertama kali usia 4 bulan. Tapi di usia 6 bulan 2 minggu, Alhamdulillah dia udah bisa ngangkat bokongnya (jadi posisi seperti mau merangkak gitu). Masyaa Allah, seneng banget... karna dulu Faza terlambat di fase ini. Pun dengan loncat-loncat. Dulu Faza gak ada fase suka loncat-loncat saat kami pegangi dia, sedangkan Ahsan sudah suka loncat-loncat di pangkuan ketika usia menjelang 6 bulan. Mungkin karena kondisi kaki Faza yang spesial.


Alhamdulillah akhirnya kesampaian nulis rekap tentang Ahsn 0-6 bulan. Meski seadanya dan gak sedetail Kakak dulu. Semoga Ahsan tidak menganggap ibu membeda-bedakan yaaa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)