Senin, 13 Juni 2016

#SaniRosaStory: Baju Akad Nikah

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan dulu, melalui berbagai pertimbangan akhirnya saya memutuskan untuk membuat baju yang akan saya dan Mas Suami pkai saat akad nikah -- alias tidak menyewa. Dan Alhamdulillah, keputusan kami didukung penuh oleh Bapak-Ibu mertua (saat itu masih calon) yang dengan senang hati menjadi donatur buat kami dengan membelikan bahannya (kainnya).


Waktu itu saya sempat mikir, 'Duh, kok hari gini baju akad nikah udah mau jadi sih, keburu bosen dong lihatnya'. Soalnya, berhubung yang jahit baju akad nikah saya adalah Ibu dan kakak perempuan saya (Mbak Nita), jadi ya ekspress -- bulan Maret udah jadi, tinggal nambah-nambahin pemanisnya aja. Eehh, ternyataaa... justru pemanisnya itu yang lamaaa. Gaun akad nikah saya akhirnya baru bener-bener jadi dan siap dipakai H-2 minggu acara. Nah, pelajarannya: jangan nunda-nunda kalau memang mau bikin baju akad nikah sendiri. Gak ada salahnya kasih spare waktu yang lumayan lama. Apalagi kalau kamu gak punya ibu atau kakak yang bisa jahit kayak saya. Haha.

Padahal pemanis gaun akad nikah saya gak banyak kok, karna memang dari awal niatnya bikin gaun akad nikah yang sederhana. Hanya saya tambahi renda plus payet. Payetnya pun dikiiitt, cuma di bagian dada dan lengan. Yang bikin agak lama itu karna kami (saya, Ibu dan Mbak Nita) sempat galau mau dikasih renda yang kayak apa. Galau sama harganya juga sih. Hihi. Satu lagi yang bikin lama adalah payetnya. Sebenernya saya dan Mbak Nita bisa pasang payet sendiri, cuma waktunya gak ada. Jadilah akhirnya saya serahkan ke tetangga yang biasa diserahi Ibu orderan payet. Nahh, si tetangga yang tadinya full-time mom ini ternyata sekaran kerja. Jadilah akhirnya saya harus sabar nunggu beliaunya ada waktu luang untuk memasangkan payet di gaun saya.

ini penampakan bagian pinggang. itu tuh akhirnya renda yang saya pilih :) payetnya juga kelihatan kan, dikiitt banget kan :D

Pemanis lainnya selain renda dan payet adalah kancing di bagian lengan itu :)

Bagian pergelangan tangan juga dikasih renda :)
Terus gimana dengan baju akad nikah Mas Suami? Dia juga sama seperti saya, beli bahan, lalu dijahitkan. Bedanya, kalau saya dijahitkan oleh Mbak Nita dan Ibuk sendiri, sedangkan Mas Suami dijahitkan ke penjahit langganan ayahnya (alias Bapak Mertua saya). Mas Suami memang dari awal bilang gak pengen pakai jas saat akad nikah. Dia pengen pake model basofi yang simpel gitu. Saya sempat agak senewen waktu itu gara-gara pas pertengahan Maret, si Mas tiba-tiba baru bilang bahwa kainnya belum jadi ditaruh ke penjahit. Hadeeehh, ya jelas saya panik lah! Kalau waktunya gak cukup terus mau pakai apa pas akad niakh? -_- Tapi Alhamdulillah kekhawatiran saya gak terjadi. Bajunya si Mas jadi juga sekitar H-2 minggu acara pernikahan kami. Sudah langganan sih soalnya =)) Alhamdulillah.

Bagian lengan dan kerah diberi bordir. Sayangnya, warna bordirnya kurang pas menurut saya.
Harusnya warna bordirnya agak tua lagi menurut saya. Hihi

Emm, kira-kira menghabiskan anggaran berapa untuk dua baju itu? Jujur saya gak hitung persisnya habis berapa sih. Untuk gambaran teman-teman, saya akan coba menjabarkannya, ya. Untuk gaun akad nikah, saya memakai 3 jenis kain: Broklat, satin velvet dan sifon. Broklatnya kalo gak salah sekitar enam puluh ribu saja per meter, sedangkan dulu belinya sekitar 2 meter saja. Satin velvet saya pakai yang empat puluh ribu per meter, dan butuhnya sekitar 4 meter. Sedangkan sifon kalo gak salah empat puluh ribu juga per meter, dan dulu beli 5 meter karna mau sekaligus bikin jilbab segiempatnya. Nah, silalakn dihitung sendiri berapa habisnya. Ongkos jahit alhamdulillah saya gak perlu mikir, dan ini lumayan bikin irit cukup siginifikan, ya. Untuk pemanisnya, rendanya per meter empat puluh ribu, sedangkan payetnya saya pakai payet jepang, tapi lupa harganya. Ongkos pasang payetnya cukup dua puluh ribu saja. Hehe. Kalau untuk baju akad nikahnya si Mas Suami, saya lupa nama bahannya, yang jelas per meter sekitar sembilan puluh ribu, dan butuh bahannnya sekitar 5 atau 6 meter -- saya lupa. Ongkos jahitnya kata si Mas sih tiga ratus ribu, sudah dibiknkan peci dan sudah plus bordir juga.

Kalau dihitung-hitung habisnya lumayan banyak sih, ya. Tapi gak papa lah, Alhamdulillah sepadan sama kepuasan hati kami memakai baju tersebut di salah satu moment terpenting sepanjang hidup. Alhamdulillahnya lagi, kami semakin gak merasa rugi karna baju ini gak cuma kami pakai saat akad nikah. Baju tersebut kami pakai lagi saat acara mengantarkan pengantin (Saya dan Mas Suami dianatar oleh keluarga saya ke rumah orangtua Mas Suami) sekaligus acara ngunduh mantu sederhana di rumah Mas Suami. Seneng banget karna beberapa tamu ibu mertua memuji gaun yang saya pakai :)

ini nih penampakan finalnya di hari H :)
Semoga cerita saya bisa jadi salah satu bahan pertimbangan saat teman-teman sedang mempersiapkan pernikahan, ya. Hari pernikahan gak dipungkiri merupakan hari yang amat istimewa, jadi amat wajar kalo kita mengistimewakannya dengan mempersiapkan penampilan terbaik. Tapi ya tetap diingat, sebaiknya jangan berlebih-lebihan, ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)