Kamis, 29 Agustus 2019

#BincangKeluarga: Rekomendasi Buku Anak (Favorit Faza)

Orangtua mana di era ini yang nggak merasa membaca buku sebagai suatu hal yang harus ditanamkan pada anak-anak mereka sedini mungkin?

Bahkan bayinya baru brojol aja udah semangat banget beliin buku 😂 Ini lagi ngomongin diri sendiri sih sebenernya. Hihi.

Iya, saya pengen banget Faza punya minat baca yang jauh lebih baik dari kami orangtuanya. Dan kayaknya gak ada cara lain untuk mewujudkan itu selain dengan mengenalkan buku ke dia sedini mungkin.

Bahkan dari sebuah kulwa saya tau, ada sebuah challenge yang hits akhir-akhir ini untuk para orangtua, yaitu 1000 buku dalam 3 tahun buat anak. Artinya, saat anak usia3 tahun, dia telah membaca minimal 1000 buku.

WOW, banyak bangettt?? Tekor dong beli 1000 buku??

Tenang, Bu. Ternyata, 1000 buku itu tidak berarti harus 1000 buku yang berbeda. Satu buku yang sama, yang di baca(kan) 10 kali, ya artinya anak telah membaca 10 buku. Gitu.

Kayaknya berat dan gak mungkin banget yaa kalo lihat angka 1000? Padahal, 1000 buku sebelum 3 tahun itu artinya, cukup membacakan sehari 1 buku untuk anak. Kan bisa yaaa harusnya?

Baca punya Ade:



Yang berat istiqomahnya sih. Zzzzz -___-

Sayangnya, saya juga bukan termasuk ibu yang berhasil memenuhi challenge tersebut. Tapi ya gak boleh nyerah dong!

Sejauh ini, ketertarikan Faza sama buku cukup baik. Dan di usia 2,5 tahun ini, saya mencatat beberapa buku favoritnya Faza. Siapa tau bisa jadi rekomendasi untuk para ibu yang sedang ingin membelikan buku untuk ananda tercinta 😊



1. Cilukba!, Rabbit Hole (Devi Raisusa & Guntur G.)

Rabbit Hole merupakan salah satu produsen buku anak lokal yang sangat berkualitas. Sayangnya, mereka sempat memutuskan untuk vakum dalam jangka waktu yang tidak ditentukan.



Sebelum mereka vakum, Alhamdulillah saya sempat membelikan beberapa buku dari Rabbit Hole untuk Faza. Salah satunya adalah Cilukba!

Saya belinya sebelum Faza usia setahun kalo gak salah. Dan dari awal dia antusias banget tiap dibacain buku ini. Apalagi bentuknya kecil, jadi bersahabat buat tangan mungilnya bayi.

Buku Cilukba! ini teksnya dikit banget, sehingga membuat kita yang membacakan lebih bebas berekspresi.

2. Hijaiyah Animal Series (Trisa Dini Daswan & Evieriel N. Primadani)



Buku ini saya beli melalui sistem PO di sebuah online bookstore di IG. Isinya adalah huruf hijaiyah yang di cetak dalam ukuran besar per lembarnya, di sertai dengan nama hewan dalam bahasa arab yang diawali oleh masing-masing huruf hijaiyah tersebut.

Untuk seumur Faza, dia belum fokus sama huruf hijaiyahnya sih. Masih lebih tertarik dengan gambarnya. Gak masalah buat saya.

3. Saatnya Pup! (Irmalia Sutanto)

Faza itu sempat mengalami trauma pup yang cukup lama dan cukup menguras perasaan saya dan ayahnya. Oh iya, satu lagi, cukup menguras dompet.



Jadi, dia pernah sembelit sekali, sampe berdarah gitu. Setelah itu, dia selalu ketakutan tiap mau pup. Dia selalu berusaha menahan sekuat tenaga, hingga sensasi pengen pupnya hilang. Setelah itu, pupnya akan tertunda, dan akibatnya jadi keras.

Kalo dipaksa ke kamar mandi, beuh nangisnya kayak lagi disiksa 😭 Dipriksain ke dokter pun sama sekali gak ngaruh, karna yang utama ada di mindsetnya yang udah buruk banget soal pup.

Jadi jalan satu-satunya adalah dengan terus-menerus sounding. Salah satunya lewat buku.

Saya seneng banget waktu nemuin buku Saatnya Pup! ini di Gramedia. Karna bener-bener paaassss banget dengan apa yang saya inginkan.

Dan Alhamdulillahnya lagi, Faza suka sama buku ini. Tiap mau pup tapi dia gak mau ke kamar mandi, saya akan bilang, "Eh, Tito (tokoh dalam buku ini) tu kalau mau pup ke mana ya, Za?", terus dia akan jawab, "kamar mandi". Terus saya nyaut deh, "Naaahh, Faza juga berarti harus ke kamar mandi yaaa?". Hehehehe.

4. The Farm (Tanah Pertanian), Tony Wolf

Kalo ini belinya belum lama sih. Setelah dia usia 2 tahun, gara-gara rekomendasi teman.


Bukunya full gambar banget, yang menggambarkan suasana di daerah pertanian. Ada ceritanya sih, tapi Faza bener-bener gak tertarik dibacain ceritanya, karna sibuk mengamati gambar-gambarnya dan terus-menerus bertanya ini apa, itu apa. Hihi.

5. Adab Makan & Minum (Oky E. Noorsari & Ahmad Saba)

Yang ini saya beli sekitar 3 minggu lalu. Sebenernya belinya asal comot aja waktu itu. Tapi ternyata bagus! Dan yang penting, Faza suka banget.


Jujur aja saya masih struggling untuk menanamkan adab makan pada Faza, khususnya soal makan sambil duduk. Salah saya sih karna agak cuek awalnya kalo Faza makan sambil mainan atau jalan-jalan, yang penting dia mau makan. Huhu.

Nah, buku ini cukup membantu saya saat mengingatkan dia tentang adab makan. Cerita dalam buku ini singkat, padat dan mudah dipahami anak. Jadi kayak langsung masuk gitu di memori Faza, meski pengamalannya mah masih angin-anginan. Hiks.

Oke. 5 dulu aja kali yaaa biar gak kepanjangan 😊 Sebenarnya sih masih banyak buku favorit Faza, karna kebanyakan buku yang saya beliin, dia pasti suka. KECUALI, buku-buku bertajuk ensiklopedia. Dia kayak belum ada tertarik-tertariknya sama sekali. Mungkin belum masuk fase sensitifnya kali yaa.
Tapi pada dasarnya, menarik-enggaknya sebuah buku bagi anak tu salah satu faktor terbesarnya adalah gimana cara kita orangtuanya saat membacakannya. Semenarik apa kita membacakannya, seantusias itu pula anak akan menyimaknya. Iya gak, Bu?

Nah, kalo buibu ada yang mau share buku favorit anak-anaknya di rumah boleh bangeettt lho. Siapa tau bisa jadi rekomendasi juga buat saya 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah mampir ke rumah maya sederhana saya... tinggalkan kesanmu, ya :)